Google
 

29 Desember 2007

Power supply tidak kuat


Saya punya komputer P3 (menggunakan socket power 20 Pin)... Awal trouble nya adalah power supply mati, lalu saya coba ganti power supply (ATX P4 450 Watt + 24 Pin), sempat hidup selama beberapa detik, sampai login windows...pada saat pertengahan login windows, komputer mati /power supply mati. Power supply sudah saya coba tes di PC/mobo lain, tidak ada masalah..dapat bertahan lama. Dengan penggunaan untuk H/W yang sama (1 HDD, 1 Floppy, 1 CD Rom). Kira2 masalahnya apa ya ?Apakah memang harus menggunakan power supply yang harus untuk P3?


Eko Marganus


Saya pernah mengalami hal tersebut, akan tetapi sedikit berbeda, yaitu sering re-start saat lagi running windows, dan jam juga sering telat, setelah saya ganti jam pada Mother Board maka sudah bisa normal lagi. Coba check baterei BIOS nya, dan scan register pakai software AWC (Advanced Windows C......., saya lupa) silahkan browsing di Internet untuk cari AWC tersebut.


Aries Setyono


Berarti masalah yang saya hadapi ada kemungkinan juga disebabkan oleh virus atau systemnya bermasalah ya pak, bukan karena power supply nya..?


Eko Marganus


Betul sekali Pak, kemungkinan juga karena virus atau sistemnya tidak stabil (registry nya), coba scan pakai AWC untuk registry dan setelah itu scan dengan AVG anti virus. Kemungkinannya banyak, bisa saja hardware lainnya juga bisa.


Aries Setyono


kalo kemungkinannya system atau terkena virus, kayaknya saya gak mau repot deh pak, bakal saya format / fresh install windows lagi aja..he...he...lagian gak ada data yang terlalu penting sih..langkah saya selanjutnya sebelum saya melakukan install ulang windowsnya, adalah saya coba test pake power supply tipe lain yang bagus....ada saran lainnya pak...?


Eko Marganus


Coba ganti power suplynya pak, kalau masih trouble format lagi saja Pak dan install O/S nya, jika sudah diformat masih trouble berarti ada masalah dengan MB nya.


Aries Setyono


1 komentar:

GAME2P.COM mengatakan...

Great blog...keep your good work for your blog and i hope can see more cool news soon, cya